WHAT IS THE TREND ?


Bikin vlog merupakan cara yang paling praktis buat kamu yang ingin mencoba peruntungan bikin konten pas lagi liburan. Ya, memang enggak mengherankan, masalahnya banyak banget vlogger dan artis yang di-endorse liburan ke mana-mana dengan bikin konten vlog. Siapa tahu kamu juga bisa punya kesempatan buat liburan gratis kan?

Nah, buat mulai iseng-iseng bikin vlog kekinian, kamu perlu beberapa perlengkapan yang oke sekaligus enggak merepotkan, dong? Enggak perlu langsung beli loh, beberapa perlengkapan ini bisa kamu pinjam dulu dari teman atau tempat penyewaan. Namanya juga masih mencoba, tidak ada salahnya kok. Berikut ini perlengkapan yang perlu kamu bawa buat bikin konten.

1. Kamera mirrorless

Sudah menyiapkan itinerary untuk membuat konten antimainstream di Malang, Jogja, atau Bali? Kamu bisa mulai dengan beli tiket sriwijaya dan manfaatkan promo dari online travel agent (OTA) seperti Traveloka. Nah, jangan lupa bawa kamera mirrorless di dalam tas kameramu. Kamu bisa mulai sejak persiapan packing atau baru tiba di bandara. Jadi, pastikan kamera mudah diambil dari dalam tas dan tetap aman untuk disimpan kembali.

2. Tripod

Biar konten vlog kamu tetap stabil dan enggak shaky, sebaiknya siapkan tripod agar bisa menggerakkan kamera dengan lebih halus dan stabil. Bukan hanya itu, bawa tripod juga akan mempermudah perekaman kalau kamu pergi sendirian dan ingin mengaktifkan mode self-timer untuk mengambil gambar. Jadi, enggak perlu repot minta tolong orang lain.

Kalau hanya tripod, biasanya banyak temanmu yang bersedia dipinjam tripod-nya. Namun, tripod sebenarnya jadi salah satu perangkat yang layak dibeli. Jadi, kalau kamu mau merekam perjalanan dengan pesawat buat newbie yang lagi solo traveling, semua aktivitas di bandara sampai penerbangan bisa terlihat lebih nyata. Namun, pastikan juga maskapai penerbangan kamu tidak melarang adanya rekaman foto atau video ya.

3. Smartphone

Enggak worth it juga sih, kalau kamu repot-repot bawa laptop untuk edit vlog pas lagi liburan. Ya, nanti liburanmu malah jadi enggak menyenangkan. Begitu pun konten yang kamu rekam dengan menggunakan kamera. Namun, kamu bisa menggunakan smartphone agar bisa melakukan beberapa editing praktis dengan berbagai aplikasi mobile. Setidaknya, kamu bisa membuat teaser sebelum publish vlog yang sudah diedit dengan lebih serius untuk kamu unggah ke media sosial.

4. MicroSD dan SD card

Merekam video dan mengambil gambar dengan kamera tentunya cukup menghabiskan memori penyimpanan kamera dan smartphone. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa kartu penyimpanan tambahan seperti MicroSD dan SD card. Jadi, kalau memori penyimpanan sudah penuh, tidak perlu repot memindahkan hasil rekaman, cukup ganti kartu memori seperti layaknya mengganti baterai kamera.

5. Power bank

Nah, yang terakhir adalah power bank. Kamu pasti bakalan butuh banget smartphone dari mulai online check-in, pesan akomodasi bandara, penginapan, dan mungkin voucher tempat hiburan. Ya, enggak heran karena sekarang semua itu sudah bisa dilakukan lewat aplikasi di smartphone saja. Selain itu, kamu juga butuh daya baterai yang cukup besar saat melakukan editing video. Jadi, power bank merupakan perlengkapan yang enggak boleh ketinggalan saat kamu berencana bikin vlog pas lagi liburan.

Sekarang, bikin vlog bukan sekedar rencana lagi. Kalau sudah punya perlengkapannya, tinggal mulai buat, edit, dan publish di channel YouTube kamu deh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
test banner