WHAT IS THE TREND ?


Penerbangan perdana yang dibuka Garuda Indonesia dari Bandara Hang Nadim, Batam menuju Beijing, Tiongkok terpaksa ditunda hingga awal September.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso menuturkan penyebabnya.

Dikatakan, hal ini karena ada sejumlah izin terkait penerbangan belum terbit di Beijing.

“Sebenarnya rencana penerbangan Garuda, jadwalnya sudah masuk. Tapi ada surat penundaan, karena ada beberapa izin di Beijing belum kelar,” katanya.

Adapun izin yang belum diperoleh itu izin untuk menerbangkan pesawat Garuda jenis Boieng 737.

“Pada awalnya Garuda punya rencana pakai Airbus 320, tapi kemudian diusulkan hanya bisa dari Batam itu Boeing 737. Ini yang belum dapat izin dari Beijing, makanya rute langsung dari Batam pun ditunda,” katanya.

Rencana penerbangan pada awalnya yakni dari Jakarta menuju Batam kemudian langsung menuju Beijing. Jalur Batam diperkirakan bisa dimulai pada 15 September mendatang.

Penerbangan Garuda nanti akan dibuka dua kali seminggu yakni Selasa dan Kamis.

“Penumpang akan diangkut menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800. Kapasitas kursi eksekutif sebanyak 12 kursi dan kelas ekonomi sebanyak 162 kursi,” ujarnya.

Suwarso sangat berharap penerbangan internasional ke Beijing lewat Batam bisa terwujud. Dengan begitu, diharapkan dapat menin­katkan perekonomian dan pariwisata di Batam. [leo/jpnn]





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
test banner