WHAT IS THE TREND ?

Merapikan gigi menggunakan behel gigi menjadi cara yang paling umum dipilih dalam perawatan ortodonti. Pengawatan gigi biasa dilakukan pada cara ini, namun kini ada juga cara meratakan gigi dengan menggunakan behel tanpa kawat meskipun harga pasang behel gigi yang ada di pasaranlumayanmahal.

Pemakaian behel atau kawat gigi memang lebih identik dengan logam yang menempel mengitari gigi. Penggunaanya umumnya juga sangat mencolok sehingga dengan terlihat jelas pada penampilan. Akan tetapi, ini berbeda dengan jenis behel transparan tanpa pasang kawatyang dikenal dengan nama clearaligner.




Merapikan Gigi Dengan Atau Tanpa Kawat Gigi?

Penggunaan behel pada dasarnya bertujuan untuk meratakan susunan gigi agar terlihat rapi dan sejajar. Akan tetapi selain itu juga untuk memperbaiki fungsi gigi dan mulut dalam mengunyah dan menggigit makanan serta berbicara dengan baik. Masalah gigi renggang, berjejalan hingga tonggos dapat diatasi dengan memakai behel.

Prosedur untuk merapikan gigi dengan pasang kawat gigi tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan jika dibanding clear aligner, pengguna kawat gigi lebih banyak dijumpai. Clear aligner adalah alat transparan yang digunakan untuk merapikan gigi. Alat ini berbahan plastik bening dan dicetak berbentuk menyerupai susunan gigi. Clear aligner saat ini dapat dilakukan dengan metode invisalign.

Berbeda dari kawat gigi konvensional yang permanen, clear aligner bisa dilepas-pasang.Pemakaiannya dilakukan selama 20-22 jam sehari dan dilepas ketika makan atau membersihkan gigi. Meski terbuat dari bahan plastik, tekanan yang diberikan tetap mampu mempengaruhi posisi gigi. Alat ini dapat digunakan untuk meratakan gigi yang renggang, tonggos, berputar, miring ke depan ataupun menyilang.

Clear aligner ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai pengganti kawat gigi konvensional terutama bagi Anda yang merasa tidak percaya diri memakai kawat gigi. Karena selain nyaman digunakan, clear aligner juga berwarna transparan sehingga tidak terlihat pada penampilan. Walaupun pemakaiannya sedikit lebih rumit karena harus lepas-pasang dan dibersihkan setiap akan kembali digunakan.

Untuk mendapat produk clear aligner Anda bisa mengunjungi situs Rata, sebuah start-up yang memproduksi clear aligner. Kunjungi situsnya dan isi kuisioner online serta riwayat gigi, di mana setiap kasus akan dievaluasi oleh tim dokter gigi. Setelah semua langkah disetujui, clear aligner akan diproduksi dan dikirim ke customer.

Perbedaan Clear Aligner Dan Kawat Gigi

Dilihat dari tampilannya, antara clear aligner dan behel gigi dengan kawat jelas sangat berbeda. Clear aligner terlihat lebih estetik dan tidak menggangu penampilan. Namun tidak hanya itu, penggunaan dan perawatan keduanya juga tidaklah sama. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan clear aligner dan kawat gigi:

1. Warna

Clear aligner memiliki warna bening yang tembus pandang sementara kawat gigi biasanya berwarna perak atau dapat diberi warna lain.

2. Waktu Pemakaian

Clear aligner harus digunakan 20-22 jam sehari sedangkan kawat gigi sepanjang waktu dengan lama perawatan keduanya tergantung kebutuhan pasien.

3. Cara Menjaga Kebersihan

Cara membersihkan clear aligner cukup dengan menyikat dan merendam di air dengan suhu ruangan. Sementara kawat gigi harus dibersihkan menggunakan sikat dan pasta gigi khusus.

4. Jadwal Periksa

Pemakaian clear aligner biasanya cukup rutin diperiksakan 2 bulan sekali, lebih lama dibanding kawat gigi yang umumnya 1 bulan sekali.

5. Kelebihan

Clear aligner lebih nyaman digunakan dan dapat dilepas sehingga tidak akan mengganggu saat makan. Sementara kawat gigi lebih efektif untuk mengatasi masalah gigi yang lebih kompleks.

6. Kekurangan

Clear aligner harus dilepas saat makan dan menyikat gigi sedangkan kawat gigi kerap menyebabkan nyeri dan luka karena pergerakan gigi. Biaya clear aligner juga lebih mahal dari kawat gigi.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan behel gigi dengan kawat atau clear aligner, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter. Pemeriksaan gigi dapat dilakukan untuk menentukan jenis perawatan apa yang dibutuhkan gigi.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
test banner