WHAT IS THE TREND ?



Miom merupakan pertumbuhan pada otot halus di dinding atau disebut juga sebagai uterin fibroid yang tumbuh pada dinding rahim dan mendorong ke bagian perut, usus maupun kandung kemih. Ukuran miom seperti kacang pola atau bola sepak yang cenderung termasuk jinak sehingga tidak akan meningkatkan gejala menjadi kanker. Pertumbuhan rahim akan mempengaruhi tekanan karena ukuran yang terus membesar sehingga perlu adanya pembedahan sebagai salah satu obat miom. Penyebab miom belum dapat dipastikan namun biasanya dikarenakan oleh kadar hormon estrogen yang tinggi serta pil kontrasepsi yang menyerang wanita pada usia produktif.

Gejala miom ditandai dengan rasa sakit ketika sedang menstruasi, nyeri punggung dan panggung, merasakan tekanan di bagian perut bawah, tidak subur, keguguran, konstipasi, lebih sering maupun tidak nyaman ketika buang air kecil dan terjadinya perdarahan menstruasi dalam waktu lama serta berat. Miom di diagnosa melalui bentuk rahim yang tidak normal, jika terdapat rasa sakit maka dokter akan melakukan USG sehingga dapat di bedakan antara kista, tumor dan miom. Jika miom tumbuh pada lapisan rahim maupun rongga rahim maka dapat dilihat melalui hysteroscope seperti bentuk pipa yang akan dimasukkan dalam serviks dan vagina menuju bagian rahim.

Untuk mengatasi gejala miom dengan mengonsumsi obat miom pereda sakit untuk nyeri tubuh dan kram. Penderita juga perlu melakukan bed rest bila merasakan gejala berat, mengonsumsi makan makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi serta menggunakan botol air panas atau mandi dengan hangat sehingga rasa sakit akan lebih berkurang. Miom tidak perlu mendapatkan pengobatan namun gejala akan memberikan masalah pada tubuh sehingga dokter akan menentukan pengobatan untuk miom berdasarkan seberapa cepat miom terus bertumbuh, jumlah rasa sakit maupun hilangnya darah selama waktu periode menstruasi, usia dimana miom akan mengecil ketika menopause dan ingin memiliki anak.

Jika miom tidak membutuhkan pengobatan maka dapat melakukan ablasi endometrial yang digunakan pada miom di bagian lapisan dalam rahim, jaringan ini akan diangkat dengan energi laser, cairan panas atau pemanasan microwave. Mylosis merupakan metode untuk membedah minor dengan memasukkan arus listrik pada bagian miom atau jarum sehingga akan membakar miom serta pembuluh darah disekitarnya. Myomectomy dengan prosedur pengangkatan miom dengan rahim dalam keadaan utuh utnuk wanita yang akan memiliki anak.

Obat miom yang dapat dilakukan dengan laparascopic myomectomy jika bagian miom tumbuh diluar rongga rahim sehingga akan lebih membantu dalam menyembuhkan. Uterine artery embolisation dengan prosedur menggunakan sinar X dalam menemukan lokasi miom serta pembuluh darah dan penanganan ini cukup baru dalam dunia medis. Untuk obat herbal miom dapat menggunakan Ling Shen Yao yang sudah terbukti mampu menyembuhkan tanpa memberikan efek ketergantungan. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
test banner